Pilih Gap Year atau PTS ?

Kali ini aku mau bahas terkait dengan gap year, buat kalian kelas XII dan sebentar lagi akan menapaki kehidupan baru yaitu kehidupan kampus mungkin ini bisa jadi pertimbangan kalian nanti kalu seandainya kalian terpaksa harus gap year karena berbagai alasan atau karena alasan belum dapet PTN.


UNS SOLO

Sebelumnya aku mau bahas dulu nih terkait beberapa jenis gap year yang sering aku temuin, jadi sebenarnya gap year itu gak selalu terkait dengan gagal masuk PTN kok ada beberapa jenis gap year dilihat dari sudut pandang alasan :

  • Gap Year Karena mau Persiapan Kuliah di LN

Ini adalah gap year yang biasa diambil oleh mereka yang sedang mempersiapkan diri untuk kuliah di Luar Negeri, alasanya karena biasanya admisi di LN itu berbeda waktunya dengan di Indonesia atau mereka yang ambil gap year ini mempersiapkan keperluan - keperluan untuk persiapan di LN. Mungkin bisa jadi pertimbangan kalau kamu ingin kuliah diluar negeri tapi belum siap saat kamu lulus kelas XII, kamu bisa ambil rehat sejenak untuk mempersiapkan keperluan mu buat kuliah diluar negeri, tapi ga semua yang kuliah di LN gap year ya mereka rata-rata sudah mempersiapkan jauh-jauh hari untuk kuliah di LN.

  • Gap Year Karena Masalah Ekonomi

Kalau ini biasanya mereka terpaksa ambil gap year karena alasan ekonomi, mereka berfikir jikalau keterima di PTN mereka bisa dapat UKT yang lumayan ringan ketimbang kuliah di PTS padahal kan ngga juga, banyak kok PTN yang UKT nya lebih mahal dibanding PTS. Gap Year jenis ini juga diambil buat mereka dengan keterbatasan ekonomi, misal mereka setelah lulus SMA ingin kerja dulu untuk bekal kuliah ditahun depan.

  • Gap Year Karena "Idealisme"

Ini adalah jenis gap year yang paling banyak aku temui, yaitu gap year karena idealisme mereka yang menganggap bahwa kuliah itu ya harus di PTN tertentu dan harus dapet. Banyak nih mereka udah keterima di PTN di pilihan dua tapi gak mereka ambil karena bukan PTN impian mereka dan lebih memilih ikut test lagi aja di tahun depan, bahkan ada orang-orang yang rela gap year sampai ditahun ketiga demi bisa dapetin PTN yang mereka mau, dan pada akhirnya pun mereka tetap ga bisa dapetin di tahun ketiga tersebut.


Diatas adalah 3 jenis gap year yang paling sering aku temui, gap year itu bagus kok buat kamu yang memang pas udah lulus masih belum tau mau kemana dan butuh waktu dan persiapan buat nentuin nantinya mau ambil apa dan dimana. Ini ada beberapa pertimbangakn yang mungkin bisa kamu cermati sebelum memutuskan untuk ambil jalan gap year

  1. Umur, kamu harus bisa nih pertimbangin kira-kira umur kamu nanti ga terlalu tertinggal jauh, ya walaupun bukan masalah sih dalam menuntut ilmu tapi alangkah baiknya buat dipertimbangkan
  2. Pikir mateng-mateng di waktu selama gap year itu mau kamu isi kegiatan apa, misal bimbel atau apa
  3. Buat kamu yang gagal PTN mungkin bisa pertimbangkan kok buat kuliah di PTS, ga semua PTS itu jelek loh, PTS kaya UPH, BINUS ataupu Tel-U itu bahkan lebih bagus loh timbang beberapa PTN
  4. Kalau kamu tahun pertama masih gagal dapetin PTN impian kamu dan kamu memutuskan buat gap year coba deh pertimbangkan untuk ambil alternatif PTN lain ditahun keduamu, bukan berarti kamu nyerah buat dapetin PTN impian kamu tapi mencobalah untuk realistis.
Jadi itu beberapa pertimbangan kamu sebelum memutuskan untuk gap year, kalaupun kamu ambil gap year manfaatin waktu selama gap year itu sebaik mungkin jangan sampai mengulangi kesalahan ditahun pertamamu. Ga semua PTS jelek kok kamu bisa juga buat pertimbangin kuliah di PTS dulu buat bisa memperluas cara pandangmu tentang kuliah siapa tau dengan kamu ambil PTS kamu jadi tau bahwa kuliah itu bisa dimana aja, kalaupun mau mencoba buat masuk PTN lagi setidaknya kamu udah tau seluk beluk perkampusan, semoga bermanfaat.

2 comments

  1. Roulette & Blackjack Live | Lucky Club
    Roulette & Blackjack Live is a real game that you can play with your friends luckyclub in your browser. To play on any device, it can be either you browser or

    ReplyDelete

Dilarang berkomentar yang mengandung SARA, Ujaran Kebencian, dan komentar yang melanggar ketentuan Peraturan Perundang-undangan di Republik Indonesia
EmoticonEmoticon