Tes SKB Auditor Ahli Pertama CPNS 2019

Halo dipostingan kali ini aku mau sharing tetang tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Auditor Ahli Pertama pada seleksi cpns 2019. Jadi ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya Tes SKD CPNS 2019 yang merupakan seri Pengalaman Seleksi CPNS 2019 . Silahkan disimak dibawah ini ya.

Sumber : Twitter BKN

Sebenarnya setelah pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tanggal 22 Maret 2019 seharusnya dua minggu kemudian diadakan test SKB. Tapi karena adanya pandemi Covid-19 yang udah masuk ke Indonesia Panselnas CPNS 2019 mengumumkan test SKB ditunda sampai dengan waktu yang tidak ditentukan. 

Sumber : Website Menpan-RB


Jadi sebelum adanya pengumuman penundaan aku sebenernya udah belajar untuk persiapan SKB Auditor Ahli Pertama ini berdasarkan kisi-kisi seleksi tahun 2017 dan 2018 yang dikeluarkan oleh BPKP selaku instansi pembina jabatan Auditor.

Kisi-Kisi SKB Auditor 2017

Karena SKB ditunda jadi aku selama menunggu pengumuman yang tebaru tetap baca-baca materi yang ada tapi yang ga seintensif sebelumnya paling seminggu sekali biar ga lupa aja apa yang dibaca. Lalu disekitar bulan juni ada info bahwa SKB dilaksanakan setelah SKD Sekolah Kedinasan. Akhirnya di awal bulan Agustus BKN mengumumkan jadwal seleksi terbaru dimana SKB diadakan mulai 1 September s.d 12 Oktober 2020. Kita juga diwajibkan untuk melakukan daftar ulang dengan memilih lokasi ujian SKB menyesuaikan dengan domisili saat ini. Kebetulan untuk Pemkab Lahat SKB bagi yang berdomisili di Prov Sumsel diadakan secara mandiri di Gedung Pertemuan Pemda sama seperti SKD, bagi yang berada diluar Sumsel bisa memilih lokasi ujian di Kanreg atau UPT BKN terdekat. Kami diberikan waktu dari tanggal 1 Agustus sampai dengan tanggal 7 Agustus untuk memilih lokasi dengan maksimal 3 kali perubahan. Karena aku masih di Lahat jadi ya aku memilih untuk test di Gedung Pertemuan Pemda.

Tiba - tiba di tanggal 11 Agustus Menpan-RB mengeluarkan kisi-kisi materi pokok SKB CPNS 2019 dan ternyata kisi - kisi SKB untuk Formasi Auditor Ahli Pertama berbeda dengan kisi-kisi ditahun sebelumnya. Dikisi-kisi kali ini tidak ada Matematika Terapan tapi ada beberapa penambahan materi baru yaitu materi tentang Tipikor (Undang-undang No. 31 th 1999 jo Undang-undang No. 20 th 2001 ttg Tindak Pidana Korupsi dan Undang-undang No. 30 th 2002 ttg KPK), materi tentang Pemerintah Daerah (Undang-undang No.23 th 2014 ttg Pemda), materi tentang administrasi pemerintah (Undang-undang No 30 th 2014 ttg Administrasi Pemerintah) dan juga materi tentang Komunikasi Audit. Sedangkan materi lainya masih sama dengan kisi-kisi tahun sebelumnya. Jadi aku belajar materi-materi baru tersebut disamping juga meriview materi yang sudah aku pelajari sebelumnya.

Kisi-Kisi SKB Auditor tahun 2019


Aku berharap untuk pemda Lahat dapat jadwal di akhir september atau awal oktober karena aku masih butuh waktu buat belajar materi baru. Tapi ternyata instansi yang aku lamar justru dapat jadwal di awal septermber yaitu tanggal 3 September s.d 6 September 2020 dan aku dapat jadwal ditanggal 6 September disesi kedua. 

Pelaksanaan SKB tahun ini sangat-sangat berbeda dari tahun sebelumnya, kita diwajibkan untuk menggunakan masker medis, membawa pensil sendiri dan sangat dianjurkan untuk memakai faceshield dan handglove. Karena diadakan secara mandiri faceshield dan handglove untuk test di Gedung Pertemuan Pemda Lahat adalah wajib. 

Dihari test SKB, karena aku dapat jadwal disesi kedua ( 11.30-13.00) aku berangkat dari rumah itu pukul 9.30 tapi ternyata ditengah jalan pakai acara macet karena ada kereta api babaranjang lagi langsir, deg-deg an juga karena registrasi ditutup pukul 11.00 dan aku sampai lokasi pukul 10.15 masih lama sih tapi deg-degan juga karena takut telat. Pas masuk area lokasi langsung dicek suhunya untung dibawah 37 drajat, setelah itu presensi di pos jaga, lalu cuci tangan ditempat yang udah disediain, terus dicek suhu lagi sama petugas medis, terus handglove sama faceshield nya dipakai. Jujur aku ga nyaman banget waktu pakai faceshield sama handglove, pas diruang ujian faceshieldnya aku naikin untung aja boleh, handglove yang aku pakai kecil ternyata, jadi keliatan ngambang dijari-jari pas megang mouse ga kerasa, sampai ditanyain sama ibu yang dipenitipan kenapa tanganya tremor sebenarnya bukan karena gugup tapi karena ga enak aja handglovenya. Setelah itu dapat pin, body checking, dan menunggu diruang steril yang cukup lama sampai mau ketiduran hahaha.

Sebelum masuk ada penjelasan dari tim CAT BKN, jadi sistem CAT kali ini itu online menggunakan jaringan internet ga kaya CAT sebelumnya yang mana servernya itu ada di lokasi ujian jadi sifatnya Local Area. Untuk kali ini servernya ada di BKN pusat jadi memakai koneksi internet, kalau koneksinya jelek atau down ya udah ga bisa ngapa-ngapain. Sistem CAT nya juga udah diperbaharui terutama UI nya yang menurutku lebih bagus, seperti tombol selesainya baru muncul kalau udah dijawab semua, lalu untuk soal dan jawab tampilan nya bisa kita sesuaikan vertikal atau horizontal bener-bener bagus UI nya top deh buat tim pengembangan nya BKN. Oh ya sistem CAT nya juga terkoneksi dengan Zoom Meeting jadi wajah kalian bakalan terpampang disudut layar, karena memang pengawasanya dilakukan melalui itu. Untuk Live Score nya juga oline via youtube ga kaya dulu ditampilin dilayar, karena ya biar ga pada ngumpul.

Setelah masuk ruang ujian yang cukup dingin aku mulai mengerjakan soal-soal SKB, soal yang keluar ga meleset kok dari kisi-kisi. Setelah 90 menit mengerjakan soal aku akhiri dengan klik selesai, mengsisi kuisioner dan baru deh keluar skornya, dan aku dapet skor 325. Sebenarnya dengan skor 325 ini aku udah tau lolos atau engga karena emang teman-teman yang lain juga udah pada test ditiga hari sebelumnya jadi sebenernya jadwalnya ga bareng. Tapi ya buat amannya tetap menunggu pengumuman resmi ditanggal 30 Oktober nanti. 

Pengumuman hasil akhir CPNS formasi 2019 udah keluar tanggal 30 Oktober 2020, dan alhamdulillah sesuai prediksi aku lulus tahun ini.

Pengumuman Hasil Akhir

Oke sekian buat sharing pengalaman SKB CPNS Auditor, next aku bakan share terkait pemberkasan CPNS 2019 yang beda dari tahun-tahun lalu. :)


24 comments

  1. halo kak untuk cpns auditor pemda tdk ada wawancara yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo febi, untuk cpns pemda umumnya hanya 2 jenis test yaitu skd dan skb sehingga tidak ada wawancara. sangat jarang pemda melakukan skb tambahan

      Delete
  2. Halo kak, mau nanya kan kisi kisi auditor 2019 ga tercantum Peraturan peraturan yg harus dipelajari, kira kira peraturan apa aja ya yg harus dipelajari untuk Auditor pertama inspektorat

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo firman, untuk kisi-kisi auditor 2019 memang nggak nyantumin peraturan apa aja yang harus dipelajari, tapi kurang lebih aturan2ny sama kok kayak kisi-kisi 2017 cuman ada tambahan terkait peraturan tipikor, kpk, pemerintah daerah juga ttg administrasi daerah

      Delete
  3. Hai Ridwan.
    Terimakasih Infonya, sangat bermanfaat sekali.
    Aku ada pertanyaan terkait dengan kisi-kisi yang dimaksudkan di artikel di atas. Apakah itu secara resmi dikeluarkan oleh pemerintah dan bagaimana cara untuk aksesnya? terima kasihh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo hasbi, untuk kisi-kisi cpns 2019 secara resmi dikeluarkan oleh KemenpanRB, tapi ngga setiap periode seleksi ada kisi-kisiny misal seleksi tahun 2018 ngga ada kisi-kisi untuk SKB ny tapi tahun sebelum dan sesudahny ada kisi-kisi. Untuk akses kisi-kisi kamu bisa pantau medsos BKN atau KemenpanRB atau medsos instansi yang kamu lamar

      Delete
  4. Contoh soal SKD DAN SKB cpns auditor inspektorat pembantu wilayah II

    ReplyDelete
  5. Bisa di download dmn ya kisi2nya?

    ReplyDelete
  6. kak, mau tanya dong soal yang masuk emang beneran sesuai kisi kisi itu ya? aku daftar di auditor kementerian pertanian, kira kira aku cuma perlu belajar yang tentang auditor aja atau harus belajar juga yang tentang pertaniannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk SKB CAT nya soalnya sama kok seluruh instansi yaitu ttg Auditor sesuai kisi-kisi. cuman kl SKB yg lain kurang tau, krn biasanya kl ditingkat pusat SKB nya gak cuman CAT tp ada SKB lain kyak wawancara, psikotest dll.

      Delete
    2. untuk kementan yang jafung cuma SKB CAT doang kak. berarti aku harus fokus tentang auditor aja ya. makasih banyak ya kak, blog kk sangat membantu ditengah kebingungan apa yang harus dipelajari. semoga kk sukses terus dan semoga aku diterima PNS tahun ini. aamiin.

      Delete
    3. Amiinn semangat ya, sukses skb dan diterima asn

      Delete
  7. Kak mau tanya
    Soal-soal SKB kakak dulu sesuai sama kisi-kisi yang dari KemenpanRB aja atau ada tambahan lain?
    Aku juga daftar formasi di Inspektorat Pemda
    Dulu kakak belajarnya via apa ya utk SKB nya?
    Ada grup telegram gak kak
    Thaks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo widya, untuk soal2nya sesuai kok sm kisi2. Aku belajar via baca2 aja sih kayak modul2 dr bpkp trs aturan2 terkait ya pokoknya yg sesuai sm kisi2 aku pelajari. Ada kok grup telegramnya namanya "SKB Auditor Inspektorat". Btw semangat ya buat SKB nya

      Delete
  8. Halo kak, untuk jumlah soal CAT SKB ada berapa soal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk tahun lalu jumlah soal kl untuk auditor 100 soal ada beberapa jabatan yang jumlah soalnya kurang dari 100 krn ada soal hitungan matematisnya

      Delete
  9. halo kak, mau nanya nih,,, apakah jabatan analis perbendaharaan negara sama aja materinya dengan jabatan analisis perbendaharaan di instansi badan keuangan pemerintah kabupaten? mohon jawabanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo kl emng jabatnya sama2 analis perbendaharaan negara dan instansi pembinanya sama maka materinya jg sama baik ditingkat pemerintah pusat maupun di daerah

      Delete
  10. Kak sebelumnya terima kasih sudah sharing pengalaman SKB nya. Saya kebetulan skrng sedang mengikuti Seleksi CPNS 2021 formasi auditor ahli pertama inspektorat kabupaten. Saya ingin bertanya kak terkait materi/modul SKB Auditor berdasarkan kisi-kisi biasanya bisa diunduh atau didapat dimana ya kak? Terima kasih sekali lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello santana silahkan contact saya via contact form di blog ini. Nanti akan saya kirim melalui e-mail ^-^

      Delete
  11. Hallo kak.. terima kasih atas infonya ya kak? Saya mau tanya kak, kalau untuk kisi kisi dan materi untuk formasi auditor bisa didapat dimana ya kak? Kebetulan saya sedang melamar auditor untuk cpns 2021

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo untuk kisi-kisi bisa kamu liat di postingan ini atau kamu bisa liat cari di websitenya menpan/bkn untuk file nya. kl kamu mau materi silahkan contact sy via contact form diblog ini untuk saya kirim materinya via e-mail

      Delete
  12. selamat pagi kak Ridwan, saya boleh minta materi kakak tahun lalu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan contact sy via contact form blog ini

      Delete

Dilarang berkomentar yang mengandung SARA, Ujaran Kebencian, dan komentar yang melanggar ketentuan Peraturan Perundang-undangan di Republik Indonesia
EmoticonEmoticon